Demo Site

Halaman

Kamis, 13 Mei 2010

Mempopulerkan Blog

Kalau saya ditanya bagaimana cara mempopulerkan blog atau website di Google, maka saya akan menjawab seperti ini:
Anda harus menguasai strategi SEO (Searh Engine Optimization), yang pada garis besarnya ada 2 yaitu:
Optimalisasi internal design blog atau website anda, seperti kesesuaian antara Judul, Content, meta Description dan meta Keywords. Judul dan Content sifatnya untuk manusia, sedangkan desciption dan keywords untuk keperluan search engine seperti google. Selain kesesuaian tersebut juga perlu rich content (kaya akan isi), navigasi yang baik, fast loading, un-duplicate content (tidak bayak content yang dobel), dan lebih sip lagi content yang original (bukan copy paste dari blog lain yang sudah terlanjur terkenal). Kegiatan ini disebut On-Page Optimization.
Yang kedua adalah kegiatan Off-Page Optimization, artinya seberapa banyak website lain yang membicarkan website Anda, yang ngelink ke website anda (disebut backlink). Jika banyak, maka website Anda dianggap penting oleh search engine dan sebagai hadiahnya rangking website anda di hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page) akan tinggi, bisa jadi di halaman depan, tentu ini tergantung persaingan juga, siapa yang paling optimal.
Kegiatan kedua ini harus hati-hati juga, Anda harus dilink dari website-website yang mempunyai kemiripan topik, dan dengan cara yang berkualitas. Bukan sekedar banyak link yang tak berarti, yg disebut dengan backlink bombing. Mungkin backlink yang jelek bisa mendongkrak untuk sementara. Namun search engine itu semakin lama semakin pintar. Tindakan curang atau mengakalinya dapat membuat website atau blog Anda terkubur di search engine. hati-hati. hehe..
Website Anda dapat mempunyai banyak link di luar yang menuju ke website Anda tadi (backlink) karena kegiatan Anda sendiri misalnya anda promosikan website di banyak tempat, submit ke banyak directory. Bisa juga orang lain yang dengan suka rela ngelink ke website Anda karena website Anda memang bagus di mata mereka. Suatu website yang bagus di mata orang, biasanya juga bagus di mata search engine.
Lakukanlah kegiatan promosi yang banyak, juga menulis online, karena menulis di luar website anda berarti membuka pintu-pintu masuk ke website Anda, agar semakin banyak orang datang, dan juga semakin banyak pintu bagi robot search engine untuk masuk.
Jika Anda melakukannya dengan konsisten, maka website Anda akan berada di posisi yang sangat bergensi di search engine seperti Google. Saya telah banyak membuktikannya, hehe.. Contohnya, anda bisa cari di Google.co.id dengan keyword “belajar bahasa inggris” temukan saya di sana. Cari juga dengan keyword “belajar bisnis” atau “penghasilan tambahan”, We will meet again there at the top of Google.co.id

(Dari Berbagai Sumber)

2 komentar:

Ahmadi mengatakan...

saling berkunjung dan berkomentar seperti inipun akan mempopulerkan blog. Benar gak sih?knaglor

Ekowisata Ujungkulon mengatakan...

Wah hebat nih tips nya, kalo blog Ekowisata Ujungkulon punya saya gimana menurut anda bro? Tolong dong kasih masukan..

Posting Komentar

Beri komentar

Web Hosting