Demo Site

Halaman

Minggu, 16 Mei 2010

Kultur / Budaya Organisasi Sebagai Core Competence

Perusahaan-perusahaan cenderung  lebih berfokus pada strategi-strategi, misalnya pemasaran (memasang target,iklan, event, etc), produksi, keuangan, dan sebagainya. Pada umumnya, mereka mengabaikan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan , atau bahkan budaya suatu perusahaan. Hal tersebut menurut saya pribadi sangatlah lazim karena banyak faktor/unsur yang harus terus diperhatikan.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba untuk mengingatkan (karena pada umumnya perusahaan telah mengetahui mengenai hal ini) bahwa budaya organisasi sangatlah penting bagi suatu organisasi.
Pertama, harus diketahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dari suatu perusahaan terlebih dahulu (biasanya disebut dengan istilah core competences). Core competences merupakan suatu kelebihan yang ada dalam diri suatu perusahaan agar perusahaan tersebut dapat memiliki performance pada bidang tertentu yang melebihi perusahaan lain (biasanya disebut dengan istilah Distinctive Competences).
Core competences tersebut tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dirancang oleh perusahaan. Core competences datang dari 2 sumber (pada pembahasan kali ini), yaitu
  1. Specialized resources yang dapat berupa skill tertentu dari fungsi (functional skill) ataupun skill yang dimiliki oleh organisasi (biasanya skill dari top management).
  2. Coordination Abilities. Merupakan kemampuan suatu perusahaan dalam mengelola/ mengatur functional dan organizational resources agar resources tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien.
Menurut saya pribadi, dalam kedua sumber core competences perusahaan, terdapat 1 resource yang sangat memegang peranan penting, yaitu faktor manusia. Dan tentunya manusia hanya dapat bekerja secara maksimal apabila didukung oleh budaya perusahaan yang kondusif.
Robin Sharma dalam bukunya yang berjudul The Greatness Guide menulis demikian
“Salah satu keuntungan kompetitif yang paling dapat dipertahanan adalah mengembangkan apa yang saya sebut sebagai Budaya Kepemimpinan, karena semua tindakan perusahaan digerakkan oleh budaya. Kompetitor Anda akan meniru produk Anda jika produk itu bagus. Mereka juga akan meniru pelayanan Anda. Mereka akan meniru logo Anda, Namun mereka tidak akan pernah bisa meniru budaya Anda. Dan budaya Anda adalah satu-satunya hal yang membuat organisasi Anda Istimewa. Budaya organisasi Anda adalah sesuatu yang menentukan dan kemudian mendorong standar perilaku. Bagi saya, budaya adalah raja.”
Karena budaya-lah yang menentukan bagaimana perilaku perusahaan, maka kembangkanlah juga budaya yang baik sesuai dengan usaha Anda masing-masing.


Penulis  : Edwin Jufendra
Sumber : 
http://artikelbisnis.com/kultur-budaya-organisasi-sebagai-core-competence.html

0 komentar:

Posting Komentar

Beri komentar